Minggu, 11 Maret 2012

Eksistensi Laut Marunda

0 komentar
Info Marunda - Digelarnya Pesta Laut Marunda 2010, bukan hanya untuk mengekspresikan rasa terima kasih nelayan Marunda, Cilincing Jakarta Utara kepada laut. Sekjen Koalisi Rakyat Untuk keadilan Perikanan, Riza Damanik, mengatakan, pegelaran pagi ini juga dimaksud untuk menunjukan eksistensi nelayan Marunda.

Hampir semua kebijakan pemerintah terhadap pesisir Jakarta, tidak melibatkan nelayan menurut Riza. Mulai dari reklamasi, hingga pembangunan kawasan Industri, tidak sekalipun nelayan diajak kompromi.

"Dengan acara ini, kami berharap agar mastyarakat sadar, bahwa nelayan Marunda itu ada, sehingga eksistensinya kedepannya dipertimbangkan" tutur Riza di sela-sela pagelaran tersebut.

Lebih jauh ia menerangkan, sejauh ini, peran serta nelayan dalam pelestarian lingkungan pesisir juga signifikan. Mulai dari kampanye, hingga aksi konservasi lingkungan pesisir. Pasalnya, yang paling dirugikan dalam kerusakan pesisir adalah nelayan.

Menurut salah seorang nelayan Marunda, Sasmito, hasil tangkapannya sejak sepuluh tahun terakhir menurun secara signifikan. Ia yang bermukim di muara Banjir Kanal Timur itu, hanya mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp.50.000 setiap melaut.

Padahal bahan bakar mesin perahu terus meningkat, ditambah lagi musim yang semakin tidak menentu, yang membuatnya agak kesulitan kapan ia harus melaut, kapan harus bersandar di rumah.

Pria asal Cirebon, Jawa Barat itu terpaksa harus tetap menggantungkan hidupnya pada laut, karena ia nyaris tidak memiliki keahlian lain.

Menurut penelitian KIARA, per tahunnya di Indonesia ada sekitar 116 orang nelayan beralih profesi. Umumnya dipicu oleh keluhan yang sama seperti dituturkan Sasmito.

Hari ini, sebagian besar nelayan di pesisir Jakarta tidak melaut. Pesta Laut yang digelar bisa dimanfaatkan oleh nelayan untuk memanjatkan doa kepada Sang Maha Kuasa, agar kondisi perikanan di laut Jakarta berubah. (*)


sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

 
PKS Marunda © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here